fbpx
Skip to content

Pentingnya Profesi Intermediator Teknologi Untuk Keberhasilan Proses Inovasi

Intermediator teknologi adalah seseorang yang bertugas untuk menghubungkan antara pengguna teknologi (seperti perusahaan atau organisasi) dengan pemasok teknologi (seperti vendor atau developer) untuk memastikan bahwa teknologi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat digunakan secara efektif.

Seperti yang pernah di tweetkan oleh cofounder ALTEK.ID Panji Prabowo, profesi ini sangat penting karena:

  1. Memastikan kompatibilitas: Intermediator teknologi memastikan bahwa teknologi yang digunakan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat bekerja dengan baik dengan sistem yang ada.
  2. Menyediakan dukungan: Intermediator teknologi dapat memberikan dukungan kepada pengguna teknologi ketika mereka mengalami masalah dengan teknologi yang digunakan.
  3. Memberikan saran: Intermediator teknologi dapat memberikan saran kepada pengguna teknologi tentang teknologi terbaru yang tersedia dan bagaimana ini dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi atau produktivitas.
  4. Mengurangi risiko: Intermediator teknologi dapat membantu mengurangi risiko yang terkait dengan implementasi teknologi baru dengan memastikan bahwa teknologi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat diintegrasikan dengan sistem yang ada.
  5. Membuat keputusan teknologi yang tepat: Intermediator teknologi dapat membantu pengguna teknologi dalam membuat keputusan yang tepat tentang teknologi yang akan digunakan. Mereka dapat mengevaluasi berbagai pilihan teknologi dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  6. Mengelola proyek teknologi: Intermediator teknologi dapat membantu mengelola proyek teknologi, termasuk menentukan tujuan proyek, mengidentifikasi kendala, dan mengkoordinasikan aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
  7. Membantu dalam negosiasi: Intermediator teknologi dapat membantu pengguna teknologi dalam negosiasi dengan vendor atau pemasok teknologi, termasuk membuat perjanjian dan kontrak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  8. Menjaga keterangan : Intermediator teknologi dapat membantu pengguna teknologi dalam menjaga keterangan dari teknologi yang digunakan, termasuk mengidentifikasi kelemahan dan membuat rencana untuk mengatasinya.

Secara keseluruhan, profesi intermediator teknologi sangat penting karena mereka dapat membantu pengguna teknologi untuk memanfaatkan teknologi dengan lebih efektif dan efisien, serta membantu mengurangi risiko yang terkait dengan implementasi teknologi baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.